Minggu, 14 Desember 2014

Open Service Gateway Initiative (OSGi)



Secara umum, Open Service Gateway Initiative (OSGi) adalah sebuah sistem dan aplikasi interoperability berbasis komponen platform yang terintegrasi. OSGi merupakan sistem modul dinamik untuk Java. Teknologi OSGi adalah Universal Middleware. Teknologi OSGi menyediakan sebuah service-oriented, lingkungan yang berbasis komponen untuk pengembang dan menawarkan jalan standard untuk mengatur siklus hidup software. Kemampuan ini dapat menambah nilai jangkauan dari computer dan peralatan yang menggunakan platform Java dengan sangat hebat.
Open Service Gateway initiative (OSGi) Service Platform adalah contoh lain dari development platform, yang menggunakan JRE sebagai lingkungan runtime-nya. Sebagai tambahan, OSGi menyediakan suatu application framework yang ditempatkan di lapisan atas JDK.
OSGi dibentuk Maret 1999 oleh suatu konsorsium perusahaan-perusahaan teknologi terkemuka dengan misi untuk mendefinisikan suatu platform integrasi untuk interoperabilitas aplikasi dan servis secara universal. OSGi menyediakan platform pengembangan baru, berbasis pada modular decoupled components dan model layanan dinamis plugable.

Keuntungan :

1.Mengurangi kompleksitas : mengembangkan dengan OSGi berarti menembangkan bundles : salah satu komponen OSGi. Bundles adalah modul. Bundles menyembunyikan aspek internalnya dari bundles lainnya. Hal ini berarti ada banyak kebebasan untuk menggantinya di kemudian hari.

2.Dapat digunakan kembali : model komponen OSGi sangat mudah digunakan dan dapat digunakan dengan  aplikasi pihak ketiga.

3.RealWorld : OSGi framework dinamik. Hal ini berarti OSGi dapat diupdate secara online.

4.Mudah Penyebarannya : teknologi OSGi bukanlah sebuah teknologi standard. OSGi dapat dimanage sedemikian rupa serta dapat diatur cara penginstalannya.

5.Update yang dinamik : OSGi komponen bisa diupdate secara dinamik.

6.Adaptif : model komponen OSGi didesain sedemikian rupa hingga diperbolehkan untuk mengkombinasi dan mencocokan antar komponen.

7.Transparan dan Banyak versinya

8.Simple : OSGi API sangat simple. API OSGi hanya terdiri dari satu paket dan berjumlah kurang dari 30 kelas.

9.Ukurannya kecil  dan Kinerjanya cepat

10.Aman, Sederhana dan Tidak Mengganggu Kinerja Aplikasi Lainnya

11.Berjalan dimana saja dan Digunakan secara luas

12.Didukung Oleh Berbagai Perusahaan : OSGi juga didukung oleh berbagai perusahaan seperti Oracle, IBM, Samsung, Nokia, IONA, Motorola, NTT, Siemens, Hitachi, Deutsche Telekom, Redhat, Ericsson, dan masih banyak lagi.


Contoh Kerugiannya :
       1.      Dalam platform layanan OSGi, setiap bundel layanan operator gerbang memerlukan otentikasi pengguna. Dengan hasil tersebut, pengguna harus menyelesaikan otentikasi berulang-ulang setiap kali pengguna ingin mengakses beberapa sejumlah layanan. Hal ini menyebabkan masalah keamanan potensial serta sulitnya akses pengguna.

       2.      Pertama-tama, masalah keamanan utama dengan lingkungan jaringan rumah berbasis pada platform layanan OSGi adalah bahwa infrastruktur keamanan didistribusikan dan arsitektur ini biasanya membutuhkan bahwa fitur kunci keamanan dibangun ke dalam semua bagian dari sistem.

       3.      Selain itu, pengguna harus menghafal username dan password untuk setiap layanan . Selain itu, administrator sistem mengelola banyak password dalam database dan dihadapkan dengan potensi masalah sistem tidak aman karena transmisi sering password ini di lokasi. SSO( Single Sign -On ) adalah alternatif yang baik untuk memecahkan masalah ini. SSO adalah fitur keamanan yang memungkinkan pengguna untuk login ke berbagai layanan yang berbeda yang ditawarkan oleh sistem terdistribusi sementara hanya perlu menyediakan otentikasi sekali, atau setidaknya selalu dengan cara yang sama.


Kekurangan
          1.      Ruang lingkupnya sangat kecil
          2.      Keamanan kurang terjaga dari kejahatan hacker
          3.      Biaya sangat mahat untuk pembuatan aplikasi dari OSGI
          4.      Rawan terjadinya pencurian data
          5.      Ukuran penyimpanan yang sangat kecil untuk data yang di simpan

Saran :
Saran saya ialah agar pemanfaatan teknologi OSGI ini dapat diimplementasikan secara lebih real di semua bidang,karena kalau kita lihat dari manfaat yang dimiliki oleh OSGI rasanya sangatlah perlu di terapkan di semua bidang pekerjaan yang melibatkan teknologi elektonik, karena semua pekerjaan yang menggunakan teknologi OSGI akan menjadi sangat simple dan mudah.Yang perlu diperhatikan ialah masalah keamanan yang masih perlu ditingkatkan karena teknologi OSGI ini masih termasuk rentan mengenai keamanannya dan juga yang perlu ditingkatkan lagi ialah masalah lingkup yang bisa dicover atau diatasi dengan OSGI ini dan juga masalah biaya yang masih mahal hal ini membuat penerapan teknologi OSGI ini menjadi terhambat,sebaiknya diusahakan bagaimana caranya agar biaya dalam penerapan teknologi OSGI ini bisa ditekan lagi.





Sumber:
http://blog.stikom.edu/romeo/2013/05/05/teknologi-osgi/
http://rllcky.blogspot.com/2014/01/open-services-gateway-initiative.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar